Kamis, 31 Juli 2014

tanggungjawab

MP         : KITA TIDAK BERTANGUNG JAWAB ATAS TINDAKAN ORANG
  YANG KITA TAATI TETAPI KITA  BERTANGGUNG JAWAB ATAS
  TANGGAPAN KITA.
ME         :
Selamat siang semuanya. bagaimana kabarnya?
Masih ingat gk pelajaran minggu lalu?
Ada yg masih ingat? ya....
Minggu lalu kita belajar tentang KEBEBASAN SEJATI KITA DAPAT ALAMI DISAAT KITA TAAT.  
Masih ingat ilustrasi tentang ikan yang dikeluarkan dari aquaium karena kepengen bebas? teman2 tahu semua apa yang terjadi dengan ikan tersebut? ikan itu gk bisa ngapa2in malah mati. Begitu juga dengan kita disini, saya dan saudara tidak dapat berbuat apa2 jika kita berada diluar ketaatan.
Teman2 semua, bagaimana jika orang yang kita taati adalah orang jahat? atau orang yang menyalahgunakan jabatannya?
Dulu saya punya guru matematika yang judes bukan main, paling galak ngapa2in selalu salah di depannya dan sering mukul. salah dikit kena pukul.

WE         :
Apakah kalian pernah atau sedang mengalami rasanya berada di bawah pimpinan orang yang menjengkelkan ?
Mungkin guru kalian di sekolah yang gk pernah adil, orang tua yang gk pernah ngertiin kalian, atau guru les yang judes dan sok2 ngatur.
Teman2 kadang ada orang yang  menyalahkangunakan jabatan yang mereka miliki...
(1)     Kadang mereka memakai jabatan untuk melukai atau menciderai orang lain..
Dulu teman saya punya teman yang orang tuanya galak banget, hanya gara2 bawa jam tangan ayahnya di sekolah ia kana omelan plus di pukul pake rotan.
(2)     Kadang mereka memakai jabatannya u/ membuat keputusan yang salah  dan bereffect dari keputusan yg mempengaruhi kalian.
Teman2 coba baca slide yg berikut ne...
1.       Senior gk pernah salah.
2.       Apabila salah kembali peraturan yang pertama.
Pernah gk dengar atau mengalami yang seperti ini ? ini biasa terjadi disekolah yang mengandalkan dan menomor-satukan senior. jadi apa yang diperintahkan oleh senior mutlak dan harus ditaati meskipun yang diperintahkan itu adalah salah.

GOD      :
Nah, kejadian2 yang kita bicarakan atau pernah kita alami ternyata terdapat juga dalam Alkitab.
Ia adalah seorang anak muda yang kira2 5 tahun lebih mudah dari kalian. Ia bernama Daud yang kerjanya hanya mengembalakan kambing domba ayah Isai.
Suatu hari, bangsa Israel berperang melawan bangsa Filistin. Tetapi pasukan Israel ketakutan dan mundur. karena dipihak bangsa Filistin mengandalkan Goliat yang tinggi dan besar serta sangar. melihat keadaan itu Daud yang pendek maju dan menantang Daud. Hanya sekali umbaian batu tajam langsung menembus dahi Goliat, dan Goliat jatuh serta merta bangsa Filistin juga kalah. Nah, sejak saat itulah, bangsa Israel memuji2 Daud ketimbang Saul. Saul pun sakit hati dan terus berusaha untuk menjatuhkan dan membunuh Daud dengan segala cara. Tetapi  Daud selalu taat dan setia kepada Saul sampai 42 tahun. lama gk 42 tahun? lama dong..
Wah, saya pengen mengajak teman2 semua u/ berdiri. kelihatannya ada yg mulai ngantuk neh..
(Berdiri kemudian jongkok gantung dengan kaki di jinjit selama beberapa menit).
“bandingkan rasa capek mereka yg selama bbrp menit dgn keadaan Daud selama 42 tahun”.
Sekarang coba bayangkan kamu itu dalah musuh bebuyutan SBY dan nyuruh Tim DENSUS 88 untuk tangkap kamu. gimana rasanya tuh..!!!
Teman2 semua, suatu ketika Saul pergi bersama 3000 pasukannya untuk mencari Daud. setelah mereka sampai disuatu tempat yang ada guanya. Saul masuk ke dalam gua tersebut untuk buang hajat (be-ol). Teman2, kalian tahu bahwa dibelakang gua tersebut ternyata Daud juga bersembunyi disana. Orang2 yang ikut dengan Daud menyuruh Daud untuk membunuh Saul saat itu juga. tapi coba banyangkan jika hal itu terjadi. seorang raja ditemukan mati saat be-ol...
biasanyaa orang mati disaat sakit, saat perang, kecelakaan, dan sebagainya... tapi ini seorang raja mati saat be-ol.
BIG POINT         :
Oleh karena itu, ketika kita berbicara tentang ketaatan kepada orang2 tertentu dalam hidup kita, maka sikap orang2 tersebut kepada kita bukan tanggung jawab kita bukan tanggung jawab kita. bahkan jika orang2 tersebut menyalahkan gunakan jaabatannya! tetapi tanggung jawab kita adalah bagaimana kita bereaksi terhadap mereka secara positif.
Oleh karena itu (ulangi MP).
YOU       :
Mungkin saat ini kalian sedang berada dibawah otoritas seseorang/figur yang menyalahgunakan otoritasnya/jabatannya. Dan sekarang tugas dan tanggung jawab kalian adalah untuk bereaksi positif terhadap kepemimpinan yang negatif itu!
WE         :
Di dalam perjalanan kehidupan ini saya dan saudara selalu dihapakan dengan 2 pilihan
  1. Memberontal (yang akhirnya kita sesali )
  2. Bersikap positif.

Ilustrasi dimulai.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar